Subject: [balita-anda] Ari-ari di Bawah Janin
Author:  njak0090 ([EMAIL PROTECTED]) at MIME
Date:    5/15/00 9:47 AM

Bapak-ibu anggota milis yth,

Jika di antara anggota milis ini ada yang pernah mengalami atau mengetahui kondi
si seperti di bawah ini, saya akan senang sekali menerima saran anda.

Saat ini, istri saya sedang hamil 13 minggu. Hasil USG terakhir, kira-kira semin
ggu yang lalu, menunjukkan bahwa posisi placenta (ari-ari) berada di bawah janin
 (ini namanya Placenta Previa, katanya). Pada kehamilan yang normal, ari-ari ber
ada berada di atas atau di samping janin. Menurut dokter yang melakukan USG ini,
 kondisi seperti itu sangat beresiko akan terjadinya pendarahan. Ini disebabkan
karena adanya tekanan janin terhadap ari-ari yang berada di bawahnya. Beberapa h
ari yang lalu memang terlihat bercak darah, yang meskipun hanya sedikit, sempat
membuat kami khawatir. Dan lagi, kalau posisi ari-ari ini tidak berubah sampai m
asa kelahiran, maka harus dilakukan operasi sesar, mengingat mulut rahim tertutu
p oleh ari-ari. Dokter menyarankan untuk ekstra hati-hati terhadap kehamilan sep
erti itu.

Mohon kepada bapak-ibu anggota milis ini untuk membagi pengalaman, apa yang haru
s kami lakukan untuk menjaga kandungan tersebut.

Salam,
Joko