Kalau menurut teori sih, bayi kalau menangis kudu diliat dulu kenapa. Kalo emang engga
kenapa-kenapa (laper, ngompol/pup, digigit serangga atau sakit)..jangan langsung
digendong. Mungkin dia cuma bosen dan pengen ditemenin main. Coba ajak main ditempat
tidur atau diputerin lagu. Lagipula, kata teori juga nih...bayi juga harus belajar
mengkontrol diri/emosi...jadi perlu diberi waktu sebentar untuk belajar menenangkan
diri...engga sedikit-sedikit nangis apalagi sampai meledak-ledak. Katanya bayi juga
harus belajar menyenangkan diri sendiri...supaya kalau sudah besar dia bisa
mengendalikan situasi..engga terus menerus tergantung sama orang.

Kalau John memang sejak baby pantang digendong-gendong...hanya kalau perlu saja. Saya
wanti-wanti sama susternya...kalau mau ngajak main ya dari box nya saja. Jadinya
memang dia engga begitu suka digendong...apalagi sekarang udah bisa lari kemana-mana.

Kata orang sih anak yang senang digendong ...udah bau tangan...jadi maunya digendong
melulu. Kalau soal dekapan dan kasih sayang kan bisa lewat berbagai cara, engga melulu
digendong.

Coba dulu aja Mbak...jangan setiap nangis langsung digendong...dibujukin dulu...kalo
engga berhasil baru digendong..tapi jangan lama-lama.

Salam manis,

mama john