Dear Mbak- mbak,

Saya juga pernah ngalamin seperti mbak, kalo nggak anak saya yg ngelap ...
ya saya disuruh mandi lagi sampe bersih, saya sudah kasi tahu kalo dia sudah
besar malu masih cucu (nenen) juga, eh malah dia balik jawab... kalo siang
sudah besar,kalo malam mau jadi bayi lagi .. , baru sebulan ini saya
berhasil sapih total (bln mei ini umurnya 3th).  3 bulan pertama saya sapih
untuk tidak nenen siang hari setelah berhasil saya coba sapih utk tdk nenen
malam sudah 1 bulan berjalan, nah untuk sapih nenen malam hari ini saya
sengaja ambil cuti 1 mingguan, soalnya nggak tega ninggalin kerja, krn
malamnya anak saya nangis & gelisah tidurnya. Sekarang anak saya kalo bangun
malam hanya dikasih air putih saja (anak saya sejak umur 15 bulan tidak mau
minum susu dibotol lagi, jadi sudah pake gelas disendokin dan kalo malam
hanya Asi saja + air putih).

Pada waktu akan disapih siang, saya bilang, Tasya mama sakit cucunya,
cucunya malam saja ya ... , pertama sich protes terus .. padahal saya sudah
pasang muka kesakitan, krn nggak mempan saya pasang muka agak kencang sambil
terus dikasih pengertian, akhirnya dia mau ngerti.  Nah untuk sapih malam,
badan saya balurin balsem semua (anak saya paling nggak suka bau balsem),
saya bilang kalo semua badan saya sakit, seperti biasa dia protes, gelisah
nggak bisa tidur trus nangis, saya tinggalin saja dia dikamar sama papanya
(dg muka agak kencang juga, padahal saya sdh hampir nyerah mbak, nggak tega
.. tapi saya sudah bertekad supaya tidak gagal  lagi) nah,  papanya saya
suruh kasih pengertian .., Alhamdullilah lama-lama dia mau ngerti juga.

Gitu .. mbak pengalaman saya sapih anak.

Terima kasih
Mama Tasya