From: Yuzalita,Hana,JAKARTA,BEC <[EMAIL PROTECTED]>
To: '[EMAIL PROTECTED]' <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Wednesday, May 31, 2000 16:43
Subject: RE: [balita-anda] Susu Bayi

*****Saya enggak yakin bapak tidak bisa mendapatkan ini. Walaupun saya
bekerja di produsen susu bayi, sudah tentu data seperti menjadi sesuatu yang
sangat rahasia bagi khalayak umum,
#####Sungguh saya belum tahu, berapa perbandingan antara ongkos produksi dan
harga pasarannya. Kalau untuk teh dalam botol jenis tertentu saya bisa
memprediksi.
     Saya mengajukan masalah ini bukan sekedar bertanya. Tetapi juga untuk
menciptakan wacana harga serta membangunkan sikap kritis ekonomis tentang
harga susu bayi, khususnya para netter perempuan dari milis balita-anda ini.
     Yang paling kecil perbandingan antara ongkos produksi dan harga jual
...misalkan ada goreng pisang. Kenapa? Karena penjual goreng pisang sadar
bahwa sangat banyak ibu yang terampil membuat goreng pisang.
     Jadi mahalnya susu bayi bukan karena kualitasnya saja, juga tidak
terlepas dari tingkat apresiasi pengetahuan tentang tehnik produksi susu
bayi itu sendiri. Kalau tingkat apresiasinya rendah berarti permintaan
tinggi. Jadi hukum pasar berlaku di sini.
     Ingat ! Suatu kiat teknologi  itu bisa menghasilkan kekuasaan ekonomi
jika hanya diketahui oleh segelintir manusia saja.

*****bahkan tidak semua karyawan disuatu perusahaan tau persis production
cost suatu product nya sendiri.
#####Untuk perusahaan besar adakalanya ada yang dinamakan "Rahasia Hirarki".
Artinya, eselon I menyimpan rahasia yang diketahui oleh eselon II. Begitulah
seterusnya.
     Untuk lebih jelasnya bisa Mbak <juga ibu2 yang lain) tanyakan kepada
ahli tehnik produksi, ahli manajemen produksi, atau tehnik industri.

*****Kalau suatu hari bapak mendapatkannya bapak boleh meragukan kebenaran
dan ke-uptodate-tannya, selain sangat kompleks juga berubah2 dari waktu ke
waktu.
#####Saya nggak mengerti masalah ini. Mungkin Mbak bisa menjelaskan lebih
lanjut? Saya tunggu ya !

Salam,

Nasrullah Idris
Bidang Studi : Reformasi Sains Matematika Teknologi
http://bdg.centrin.net.id/~acu