wesmih wrote:

> Dear netters,
> Saya juga mau nanya, apa bakat Hyperaktif sudah kelihatan pada  bayi
> yang
> berumur 3-4 bulan ? dan gimana ciri- cirinya?

Bu Wesmih,
setahu saya, hiperaktif belum akan terlihat sedini itu. Nama komplitnya
Attention Deficit with Hyperactivity Disorder (ADHD) kalo nggak salah inget.
Jadi merupakan penyimpangan perilaku dimana perhatian akan sesuatu itu sangat
sedikit (tidak spt. normalnya anak2 lain, yg. juga mudah beralih
perhatian...), dan diikuti dengan aktivitas yang sangat tinggi.
Dari yg. pernah saya baca, katanya anak yg. ADHD ini jarang menyelesaikan
sesuatu sampai tuntas (makan baru mulai sudah lari-lari lagi dan lupa dia
sedang makan, misalnya), cepat bosan, dan tidak mampu menyelesaikan instruksi
yg. diberikan secara komplit. Juga impulsif, cepat marah, tidak sabaran
menunggu gilirannya bermain. Tidak bisa diam, lari dan manjat2 pada saat /
tempat yg. tidak semestinya. Dan perilaku ini terjadi paling sedikit di dua
tempat yg. berbeda (rumah dan sekolah atau yg. lainnya).
Jadi hiperaktif (ADHD) itu berbeda dengan terlalu aktif yg. biasa pada anak2
kita (apalagi anak cowok :-)). Rasanya utk. memastikan apakah anak kita ADHD
atau terlalu aktif saja, kita harus bawa ke praktisi (psikolog, mungkin ?) yg.
bisa menganalisa perilaku anak.

Salam,
Rien.