From: Quinike N. Sukirwan [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Wednesday, June 28, 2000 2:17 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Kapan bayi saya harus mulai gosok gigi ?

Ibu Anne,
ya... ketinggalan ya.... baru kemarin kita pada ngomongin sikat gigi,
tapi ndak papa deh... cerita lagi aja ya....

Kalau saya, gosok gigi (atau tepatnya bersihin mulut) si kecil sejak belum
tumbuh gigi. Awalnya pake' kain/handuk kecil, dilap aja gusinya.
Pas gigi mulai tumbuh, kan gusi masih bengkak tuh, saya ngga' pake' sikat
gigi dulu, tetap dilap aja pakai handuk kecil itu. Nanti kalau udah ngga'
bengkak lagi gusinya, baru boleh dicobain pake' sikat gigi, kalau bisa cari
yang paling halus sikatnya.
Sambil menyikat gigi depan, jangan lupa juga sikat/bersihkan gusi belakang
(di mana geraham bakal tumbuh) dan lidah juga. Ini membiasakan si kecil
sikat gigi bagian belakang (kan giginya nanti pada tumbuh juga).

Berdasarkan pengalaman saya sih, menggosok gigi si kecil sih lebih bersih
menggunakan sikat gigi biasa (yang bertangkai), dari pada sikat yang pakai
telunjuk. Tapi untuk awalnya, belajar menggosok gigi, ya ngga' papa sih
pakai yang "sikat gigi telunjuk", yang penting pelan-pelan dan bersih.

Iya deh, selamat menggosok gigi si kecil!

regards,
Quinike