Ifat Ibunya Gege

From: [EMAIL PROTECTED] on 28/06/2000 04:24 AM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]

To:   [EMAIL PROTECTED]
cc:   [EMAIL PROTECTED]
      [EMAIL PROTECTED] (bcc: Siti BKC1082 Fatmawati/BKCP/BKC)

Subject:  [balita-anda] Tidur sendiri

     Dear Netters,

     Sudah 5 hari ini saya & suami sedang mencoba melatih putri kami
     (1th 1bln) utk tidur dikamar nya sendiri pd wkt malam hari.
     Dengan tujuan saya & suami ingin melatih si kecil tidur terpisah dg
     org tua nya sedini mungkin.
     Dan yg membuat kami berani mencoba ini krn kebetulan sejak umur 5bln
     anak saya ini sudah tidak pernah/jarang bangun malam, jadi labas deeh
     istilahnya dari malam sekitar jam 08:30 s/d subuh sekitaran jam 04:30
     baru melek lagi.

     Pertama-tama saya merasa berat sekali utk pisah tidur dg si kecil,
     soalnya kebiasaan selama ini dia selalu ada di sebelah saya & kapan
     pun saya mau peluk dia bisa setiap saat.
     Dan sebelumnya pun saya sdh melatih dia tidur di box nya sendiri tapi
     masih di dalam satu kamar dg kami.
     Memang sekarang ini saya suka merasa kalo saya ini tegaan sekali
     ninggalin si kecil sendirian dikamar & saya juga merasa kalo wkt
     bersama si kecil jadi berkurang,
     soalnya saya kerja yg mana dari pagi s/d sore tidak ada dirumah.

     Dengan tidur bersama si kecil bagi saya sdh merupakan kenikmatan
     sendiri & secara psikologis saya merasa full melindungi dia di malam
     hari.
     Memang hal ini tidak ada yg memaksa kami utk memisahkan si kecil utk
     tidur sendirian dikamarnya yg mana kamar bayi & kamar kami jarak nya
     cukup dekat & pd wkt malam hari pintu kamar bayi saya buka sedikit
     begitu juga kamar saya, jadi kalo misalnya dia terbangun dimalam hari
     bisa langsung kedengeran.

     Hal ini saya liat di keluarga kakak saya yg mendisiplinkan anak2nya
     mulai dari umur 12bln sdh tidur sendiri dikamarnya & memang entah
     kebetulan atau entah sebenernya si anak jadi lebih mandiri & tidak
     penakut.
     Yg ingin saya tanyakan umur berapa sih anak2 itu sebaiknya dilatih
     tidur sendiri ? Dan apakah tindakan kami ini terlalu dini utk sikecil?

     Terimakasih kalo temen2 bisa memberikan pendapat atau mungkin
     pengalaman yg sama dg hal spt diatas, mohon sharingnya doong.

     Salam hangat,
     Bunda Salmadita