Mama Ade,

Susu Formula setahu saya tahannya hanya 4 jam, selebihnya itu harus
dibuang. Karena kalau sudah lewat waktunya, apabila kita cium bau susunya
seperti bau susu basi. Jadi susu tersebut sudah tidak bagus untuk
dikonsumsikan ke anak kita.
Cara lain ada juga sih kalau susu formula mau awet(maksudnya lebih tahan
lama),seperti pengalaman saya sendiri yang sampai sekarang tetap saya
lakukan.
Anak saya (umur 11 bulan) kalau pagi jam 6.30 sebelum saya berangkat
kekantor, selalu saya bikinkan susu terlebih dahulu dengan menggunakan air
panas semuanya (tidak dicampur air dingin). Dan diminumkannya biasanya pada
jam 8 pagi karena pada jam tersebut anak saya baru mau tidur lagi.
Susu yang saya bikin tadi biasanya selalu sisa, dan saya selalu mengingatkan
kepada pembantu saya agar menyimpan susu tersebut dengan cara merendam botol
susunya kedalam air panas, jadi usahakan susu tetap dalam keadaan panas. Dan
biasanya anak saya bangun sekitar jam 10 atau jam 11 siang. Susu tersebut
dapat diberikan lagi.
Hal tersebut biasa saya lakukan juga pada malam hari.
Jadi kalau susu formula mau awet, caranya mudah saja. Rendam botol susu
didalam air panas. Apabila susu tersebut sudah mulai dingin, dan anak ibu
belum mau minum, susu tersebut direndam kembali dengan air panas yang baru.
Biasanya sih.......... bisa bertahan sampai 7 jam.
Selebihnya itu sebaiknya dibuang saja. Karena kalau susu sering-sering
dipanasin, ditakutkan malah mengganggu pencernaan anak kita (misalnya :
Mencret).

Salam,
Andyka (mamanya Menuk)