Halo mbak Surii............
Udah punya rencana ngeberhentiin Hanna dari ASI ya.........waktu Naufal
berumur sekitar 22 bulan saya juga melatihnya untuk lepas dari  ASI.
Alhamdulillah gampang sekali, tadinya saya juga mikir gimana nanti kalau mau
nyapih Naufal, kan dari cerita orang" ada yang pakai jampi" dsb.  Cara yang
saya gunakan waktu itu saya suka kasi pengertian ke dia kalau Naufal saat
ini udah besar jadi nggak boleh nenen mama lagi, kalau adek bayi (saya suka
bawa dia lihat anak tetangga yang baru lahiran) boleh nenen.  Selain itu
waktu malam minum susu botol saya dampingin dan dongengin dia, hal ini untuk
membuat dia merasa nyaman minum susu botol.  Sebenarnya saya berniat full
berhentiin ASI saat berusia 2 tahun, kan di mulai melatihnya pada usia 22
bulan dengan prediksi punya waktu dua bulan buat kasi pengertian ke dia.
Ternyata dia mau berhenti cepat sekali,  nggak sampai seminggu, setelah itu
dia nggak mau lagi.  Kalau kita tanyain Naufal mau nenen nggak, jawabnya
udah gede ma...........nenennya buat adik bayi aja. Jadi menurut saya
intinya kalau mau ngeberhentiin ASI kasi anak pengertian dan dampingi dia
saat minum susu botol.  Insya Allah berhasil, tentu saja kita harus
melatihnya dengan mengurangi frekwensi minum ASI, yang tadinya waktu kita
libur dikasi ASI, dikurangi hanya  malam saja, malam pun dikurang hanya saat
mau tidur, lama" dia akan merasa tidak kehilangan dan terlatih minum susu
botol saat kita di rumah.  OK..........semoga pengalaman saya bermanfaat

Mamanya Naufal