Setahu saya, kura-kura di Indonesia tidak ada yang tmsk daftar binatang
dilindungi, yang ada adalah penyu hijau (Celonia mydas).
Kalau yang suka di jula di restoran itu penyu atau kura-2 sih? Saya malah
ndak tau. Dulu pas masih di Jakarta, saya pernah lihat RM di Jl. Kapten
Tendean yang jual aneh-2 spt itu : ular, kelinci, kura-2/penyu dll. Ngga'
tau ya skr apa masih ada rsotran tsb.

regards,
Quinike