From: viving [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Monday, August 14, 2000 3:50 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Otak Sapi

Ibu Rie Purnomo,
kebetulan anak saya seneng juga makan sama otak sapi, jadi saya kepengin
sharing sama Ibu. Kalau anak ibu belum makan nasi (masih berupa bubur kasar)
setelah otak dikukus ambil sebagian (satu sendok makan) trus haluskan dan
dicampurkan pada buburnya. Resep lengkapnya :
Bahan :
- beras 2 sdm (rendam semalam dengan air 750 cc yang baru mendidih )
- kaldu sapi 100 cc (dari 1/2 kg tulang sapi berdaging/bersumsum + 1 1/2 lt
air, jadi 8-10 kantung plastik 100 cc kaldu, sisanya simpan di freezer)
- bayam 5 lembar, seledri 5 lembar (biar nggak neg), cincang halus
otak sapi yang sudah dikukus 1 sendok makan, dihancurkan dengan sendok,
sisanya dapat disimpan di chiller.
- sedikit garam
- 1 telur kocok (optional, kalau bisa ayam kampung)
- wortel parut sedikit (optional, jangan sering-sering, bisa ogah maem)
Cara :
beras rendaman dididihkan, masukkan kaldu sapi, tunggu sampai jadi bubur
cair (nasi sudah mengembang, air sudah mengental, tetapi masih agak cair)
lalu masukkan sayuran dan otak, menyusul telur kocok, aduk sampai telur
berserabut, tunggu sampai kekentalannya sesuai selera, bubuhi garam 1/4 sdt,
angkat, sajikan.
Kalau anak ibu sudah makan nasi, otak sapi bisa dipakai lauk dengan cara
dikukus kemudian diiris tipis-tipis, lalu digoreng dengan telur kocok yang
sudah dibubuhi garam sampai agak kering / kekuningan. Atau dimasukkan ke
bumbu opor kuning juga enak (kalau yang ini ibunya juga mau)... selamat
mencoba.