Dear Imelda and others,

Kebetulan anak saya pernah mengalami hal ini (Malabsorpsi Lemak/ML), dan
saya pernah share pengalaman tsb di milis ini sebelumnya, - tapi atas
permintaan ibu Imelda - saya akan share ulang, pengalaman tsb.

Anak saya - waktu itu - 7 bulan, mengalami diare kronis, dan hasil lab.
menyatakan adanya ML dan bakteri gram negatif (fyi, pemeriksaan Lab. juga
dilaksanakan di RSCM o/ Dr. Hegar S. dan Dr. Aswitha B. (Kepala bid. Gastro
RSCM)).

ML itu sendiri - Menurut DSA - adl. kondisi dimana usus tidak bisa menyerap
lemak, terutama lemak  yang berasal dari susu formula (ini bisa jadi krn
susu tsb tidak cocok), atau bisa juga krn lemak yang berasal dari buah (spt
alpukat, dan makanan lain (keju, bubur susu, dsb)

Dokter menyatakan u/ penanganan, ML ini bayi perlu mendapatkan susu formula
dan makanan yang sesuai dgn kondisi ususnya. Yaitu susu dan makanan khusus
dengan nilai lemak rendah.
Yang selama ini DSA rekomendasikan u/ keadaan ML adl :
Untuk SUSU : Bebelac FL, Pregestimil, dan merk lain, ibu bisa tanyakan
langsung ke DSA (saya
             tidak ingat semua).
Makanan    : Preda, bubur, nasi biasa agak lembek, pisang, dll.
Seingat saya, DSA tidak memberikan obat u/ kondisi ML saja, tapi bila itu
disertai Diare dan muntah, maka akan ada obat antibiotik dan lainnya yang
akan diberikan.

Demikian rekan, semoga berguna dan membuat kita lebih berpengalaman
menangani sakit si kecil.

PS : Ibu Imelda, kalau ada pertanyaan, bisa hub. Japri saya.

Regards,

Awanis's Mommy