Halo Endra,
Mailnya sampai, tadinya saya kira akan banyak masukan,
tapi seperti yang disebutkan, mungkin sedang
konsentrasi ke masalah lain.
Kalau dulu saya mengikuti buku bu Tuti S, jadi cara
memasak tim (kasar mau pun saring) sbb :
1. Beras, protein hewani dan protein nabati dimasak
dengan air sampai jadi bubur
2. Masukkan sayuran sebentar saja sampai kelihatan
matang
3. Untuk tim halus, saat panas bisa langsung di
blender atau disaring dngan saringan kawat. Kalau tim
kasa, prosesnya sudah selesai.
Untuk semua sayur sama saja, hanya sebelum dimasak
sayur di potong dahulu agar tidak terlalu besar untuk
dimakan (untuk tim kasar).
Dari cara mbak Endra saya ingin koreksi sedikit :
Sayuran sebaiknya dihaluskan setelah direbus. Sayuran
banyak mengandung vitamin dan mineral yang bisa larut
di air (C, E, K, dll) jadi sebelum dan saat diolah
sebaiknya tidak di potong-potong agar vitamin dalam
daunnya tidak banyak larut/menguap saat perebusan.
Saat dicuci juga sebaiknya tidak dipetik dahulu, baru
setelah dicuci dipetik sekedarnya agar memudahkan
perebusan, rebus dengan air sesedikit mungkin dan
ditutup agar vitaminnya tidak menguap, setelah matang
baru dihaluskan untuk pencampuran dengan tim, kalau
bisa air rebusannya juga dicampur ke dalam tim sebagai
kuah, jadi tidak ada vitamin dan zat gizi yang
terbuang.
Demikian dari saya, semoga Adin sehat selalu ya.

mamanya Dafi