Mbak Lia,
Semua yang pertama kali terjadi pasti mengejutkan ya.
Dafi saya hitung sudah lebih dari 3 kali bibirnya
luka, maklum dia suka heboh kesana- kemari lari-lari.
kalau saya penangananya sbb:
1. Saat baru jatuh periksa apakah yang luka hanya
bibir, atau ada yang lain (gusi, gigi patah atau
pindah tempat atau ada kelainan rahang). kalau hanya
bibir penangannya lebih sederhana, tapi kalau terlihat
ada kelainan maka bersihkan luka dengan air matang
disiramkan atau di kumur-kumur kalau sudah bisa untuk
menghilangkan darahnya bawa ke dokter. Kalau darah
mengalir terus tutup dengan kasa steril (siapkan
selalu di rumah)
2. Untuk bibir biasanya saya pakai garam halus sedikit
dicampur air matang kemudian di kumur/dioleskan ke
tempat yang luka, gunanya agar darah cepat berhenti
dan menghindari infeksi. Setelah itu biarkan saja
karena luka di bibir cepat sembuh. Kalau ada tanda
akan jadi sariawan, berikan tambahan vitamin C dari
buah misalnya jus pear/jeruk, atau berikan salep
sariawan agar anak tidak merasa perih saat
makan/minum. Madu juga bagus untuk mengoles luka, tapi
untuk anak di bawah 1 tahun usahakan tidak terlalu
banyak karena kurang baik bagi pencernaannya.
Sabar ya bu, jatuh dan kecelakan seperti ini akan
menjadi bagian dari tumbuh kembang anak kita, jadi
selama kita tahu cara penangannya tidak usah khawatir
dan berikan semangat bagi anak untuk tetap mencoba
kepandaian barunya. Jangan lupa siapkan alat P3K yang
cukup seperti :
1. Band aid
2. Kasa steril
3. Plester
4. Betadine cair untuk mencuci luka dan salep untuk
mengoles luka.
5. Trombophop untuk benjol tanpa luka
6. Gunting kecil
7. Bio placenton untuk luka bakar/kena air panas

mamanya Dafi