Mbak Sitta,
Gejala ini umum terjadi pada ibu yang baru melahirkan
meskipun tidak semuanya mengalami. Kalau secara
medisnya saya tidak tahu tapi kira-kira begini :
Selama hamil kita lebih care terhadap gizi makanan,
selain itu kita minum vitamin tambahan dari DSOG.
Setelah melahirkan kita cenderung lebih longgar
menghitung gizi yang masuk padahal kalori dan gizi
yang kita butuhkan makin bertambah karena harus
menyusui bayi dan lebih capek karena mengurus si
kecil. Karena tubuh tidak mendapat cukup gizi untuk
men supply gizi ASI maka secara otomatis tubuh
mengambil dari cadangan gizi yang ada sehingga terjadi
penurunan kualitas tubuh makanya rambut menjadi
rontok, gigi berlubang dan tulang-tulang nyeri.
Selain masalah makanan, hormon dalam tubuh juga
berubah yang mempengaruhi kondisi rambut, jadi ada
kemungkinan KB yang menggunakan hormon juga
mempengaruhi kondisi rambut.
Tapi jangan khawatir, asalkan mbak makan dengan gizi
cukup rambut akan tumbuh kembali dengan bagus,
lagipula rambut memang punya umur juga lho, jadi kalau
sudah masanya rontok ya akan rontok dan digantikan
rambut baru.

Mamanya Dafi