Mbak Hanny,
Setahu saya suntikan MMR itu satu paket, jadi tidak
ada hanya untuk MM atau MR, tapi sebaiknya konsultasi
dahulu dengan dokter, karena Ticia sudah pernah kena
Rubella.
Kalau dilihat dari jenis virus dan vaksin yang ada,
masih ada kemungkinan untuk kena campak.
Sebenarnya kita bisa menghindari sebagian besar
penyakit balita dengan imunisasi. Jadi tidak ada
penyakit yang 'harus' didapat oleh tiap anak, kasihan
dong bu, padahal efek penyakit itu untuk tiap anak
tidak sama, ada yang ringan ada yang sampai terjadi
komplikasi serius, jadi ya sebaiknya dicegah.
Vaksin MMR memang dianjurkan minimal 12 bulan, tetapi
saya pernah baca juga vaksin ini bisa diberikan untuk
umur yang lebih muda bila ada resiko yang besar,
misalnya di daerah tersebut sedang ada wabah rubella,
atau anak mau masuk ke day care.
Semoga Ticia cepat sehat kembali ya mbak.

Mamanya Dafi