Ibu Yahya,
waktu bayi saya berumur 1 bulan juga mengalami yang sama dan oleh DSAnya
tidak diberi apa - apa karena dahak itu bukan penyakit dan akan hilang
dengan sendirinya paling lambat pada umur 6 bulan. Ternyata pada waktu bayi
saya berumur 4 bulan sudah banyak sekali berkurang dan 5 bulan sudah tidak
ada sama sekali. Sekarang anak saya Noorman sudah 6.5 bulan. Saya pernah
membaca di Ayah bunda (saya lupa sama sekali nomornya) bahwa dahak ini
berhubungan dengan cara pembersihan tenggorokan bayi dengan selang pada
waktu dia baru saja lahir. Didalam artikel itu dijelaskan dua pendapat yang
berbeda tentang perlunya dibersihkan atau tidak. Salah satu pendapat adalah
pembersihan yang kurang akan menyebabkan dahak tersebut. Saya pada waktu
itu disarankan untuk sesekali memberikan air putih hangat supaya membantu
dahak ini cepat menghilang. Memberikannya sebaiknya dengan sendok bayi,
perlahan lahan. Hal ini saya lakukan dan sampai saat ini tidak ada masalah
sama sekali.
Demikian pengalaman saya, semoga bermanfaat

Salam,
Renni
> From: Erwin Yahya <[EMAIL PROTECTED]>
> To: [EMAIL PROTECTED]
> Subject: RE: [balita-anda] Dahak
> Date: Saturday, October 07, 2000 11:06 AM
>
> Saya mau sharing mengenai dahak pada bayi. Anak saya juga baru berumur 1
> bulan. Sejak dua minggu lalu kadang-kadang pernapasannya agak terganggu
> karena dahak itu tadi. Lalu saya bawa ke dokter anak di RSPI (dr. Hari
M).