papa Aldi & Rey wrote:
>1. apakah betul bisa menggangu pertumbuhan gigi (gigi jadi tongos)
>2. ada tidak cara untuk menghentikannya, karena bila dicabut suka nangis

Papa Aldi & Rey,
Gigi jadi tongos itu memang betul, buktinya anak saya sendiri 3,5th.
Meskipun tidak begitu kelihatan tongos banget. Sampai saat ini masih ngenyot
jempol tangan kanan. Seringnya saat dia jenuh tak ada aktifitas (mau dan
sesudah tidur). Memang susah dilepasin dan nangis. Umur 2 th dia sudah punya
rasa malu ngenyot jempol, jika diajakbepergian dia berbisikminta ijin "ibu,
ngenyot jempol ya?". Kadang bisa nahan tapi jika saya lihat dia gelisah dan
susah tidur akhirnya saya iyakan. Dulu ada salah satu netters yang ngasih
inputan dengan cerita Jari bercabang dua. Pernah saya coba ceritakan. "Jika
jarinya sering dikenyot nanti bisa putus, berdarah dan numbuh jadi cabang
dua." Sepertinya dia agak takut, selalu dia tanyakan jika pengin ngenyot
jempolnya, antara percaya dan tidak. Saya jadi kasihan, merasa membuat dia
berpikir antara ketakutan dan kemauan untuk ngenyot jempolnya (kebutuhan).
Akhirnya cerita itu tidak saya berikan. Saya pasrahkan sama waktu. Mungkin
nanti (jika sekolah) akan semakin tahu dan mau ngelepas kebiasaan itu. Saya
memang sadar bahwa itu tidak baik dari segi kesehatan dan bentuk
gigi/rahang. Tapi gimana lagi, hal itu sudah terlanjur dan berbagai cara
sudah dicoba, setiap malam saya berusaha menidurkan dengan belaian,
cerita/dongeng, mengajak menghafal do'a atau lagu dan selalu saya biasakan
u/ cuci tangan. Mungkin rekans lain ada yang punya pengalaman?

Wassalam,

### FREE DOMAIN [.COM|.NET|.ORG *] >> http://www.indoglobal.com << ##