Bapaknya Irfan,
Pengalaman anak saya Tio (sekarang 3,5 th) dulu tidak pakai merangkak hanya
merayap.
Istilahnya betul nggak sih, saya kasihan takut dadanya sakit (jw; ampek).
Tapi karena bisanya begitu, ya saya biarkan selama nyaman dan aman. Lain
anak lain pula
cara berkembangnya. Pada saat melihat anak saya merayap saya juga heran.
Setiap dibenerin ke
posisi duduk/berbaring/tengkurap jika tertarik sesuatu/pengin nyamperin
dengan merayap.
Ketika pengin dititah/rambatan/berdiri Tio merayap cari pegangan baru bisa
berdiri. Saat itu kira-kira umur 9 bln. Dan dia tidak langsung bisa
melangkah jalan sendiri, keberanian/kemandirian anak juga lain. Perlu
kesabaran dan ketelatenan. Jatuh bangun wajar namanya lagi belajar jalan.
Genap 1 th baru berani melangkah sendiri. Itupun langkahnya atu-atu. Dan
pernah saya coba ajak belajar jalan dengan telanjang kaki di atas rumput,
reaksinya takut/geli karena selama itu belajar jalannya diatas lantai
datar/beralaskan sepatu/sandal.
Sabar saja Pak, asal kita telaten melatih Insyaallah nanti juga bisa dengan
sendirinya.

### FREE DOMAIN [.COM|.NET|.ORG *] >> http://www.indoglobal.com << ##