Mbak Erni,

Saya menambahkan informasi yang diberikan mamanya Vihan. Microlax sebenarnya
hanya merangsang usus untuk kontraksi dan mendorong kotoran keluar, tapi
tidak mencairkannya. Sehingga kalau kotoran sudah terlanjur mengeras maka si
anak akan tetap merasa kesakitan. Anak saya Raiza (sekarang 23 bln) pernah
mengalami hal tersebut sampai umur 7 bulan. Pernah juga sampai berdarah.
Menurut DSA nya hal itu terjadi karena fungsi usus belum sempurna, dan darah
kemungkinan berasal dari anus yang luka.
Untuk itu saya usul agar Mbak Erni mencari penyebab terjadinya BAB yang
keras, kebetulan saya membaca Nakita edisi terbaru (bukan promosi lho)
mengenai pencahar tradisional yang dapat digunakan sebagai pengganti
obat-obatan.

Caranya: larutkan minimal 20 gr atau 2 sendok makan gula ke dalam 100 cc
air. Kemudian diminumkan ke bayi.

Tubuh akan bereaksi dengan menyerap cairan-cairan dinding usus untuk
mengencerkan larutan gula tersebut. Semakin banyak cairan yang diserap maka
semakin lunak kotoran/tinja.

Resep ini diberikan oleh seorang ahli gizi. Mudah-mudahan anak mbak Erni
cocok dengan larutan ini.

Mommy Raiza dan Renzo