Mbak, semoga info berikut bermanfaat :

Step terjadi karena anak tidak tahan terhadap
panas (demam) atau indikasi terjadi kerusakan otak (bila tiba2 step
tanpa disertai demam).
Hal ini bukan karena tanda tertentu dan juga
bukan dari faktor turunan.

Ciri2 anak yang akan terkena step:
1. muka pucat dan lemas
2. badan seperti menggigil
3. matanya terbalik keatas

Cara mengatasi:

1. Langsung masukkan barang ke dalam mulut, seperti tangan yang
dibungkus kain, benda karet yang tidak mudah pecah supaya lidah tidak
tergigit kalau step.

2. Baringkan anak ke tempat yang rata, buka bajunya supaya tidak
sesak nafas dan jangan dikerumuni oleh banyak orang dan jangan
digendong.

3. Atur pernafasannya dengan cara merentangan tangan dan lipat ke
arah dada

4. kompres pake air biasa di tempat2 lekukan tubuh seperti ketiak, leher,

5. Untuk kepala, kompres dengan air hangat di kening (supaya anak
tidak kaget, karena kalau pakai air es terlalu dingin , toh juga berguna
untuk memperlancar aliran darah, dan mengurangi panas)

6. Kalau sudah pernah step sedialah obat  (lupa namanya) bentuknya
cair, dalam tube kuning dan dimasukkan kedalam melalui dubur.

7. Jaga agar panas anak tidak terus tinggi dengan diberi obat
demam.

8. Beri buah2 an yang adem, banyak minum air supaya cepat turun
panasnya dan yang paling penting harus tahu juga penyebab panasnya karena
sakit apa .Tidak perlu dibawa ke rumah sakit kecuali kalau dalam beberapa
waktu step lagi (jangka waktunya dekat, beberapa jam saja).
Toh dirumah sakit juga hanya begitu pertolongannya, (kecuali kalau
sakitnya ternyata demam berdarah dll) yang perlu diobati adalah
penyakitnya.  Step adalah akibat panas/ demam yang disebabkan oleh
penyakitnya, biasanya akan hilang setelah berusia 5th.