Mba' Ina,

saya dulu pertama kali hamil anak pertama gejalanya seperti itu. Awalnya,
saya kira sakit maag saya kambuh (karena bagian yang sakit dekat lambung dan
juga perut bagian bawah), saya check ke dokter, seperti biasa diberi obat
sakit maag saja (Mylanta Liquid) karena ikut puasa dan obatnya biasanya
cocok. Tapi kali ini nggak cocok obatnya. Selang tiga hari  nggak sembuh,
saya balik lagi ke dokter untuk consult dan check kehamilan karena telat
datang bulan 5 hari, ternyata positive hamil. Sejalan dgn mabuk ngidam
jadinya sakit perutnya hilang sendiri. (Bawaan hamil kali ya?).

Terus, selama hamil itu juga, jika saya minum air pake es batu, pasti perut
bagian bawah langsung sakit. Saya nggak ngerti istilah sakitnya turun bero
atau bukan. tetapi yang jelas perutnya rasa dipilin-pilin sakitnya (istilah
dalam keluarga saya ). Lebih baik segera check ke dokter. Gitu aja
sharingnya.