  From: Hani, Umi
  To: [EMAIL PROTECTED]
  Sent: Wednesday, November 15, 2000 1:09 PM
  Subject: RE: [balita-anda] marah-marah

  Mbak Sri,

  Saya juga mempunyai seorang putra berumur 3 th 5 bulan, beberapa minggu terakhir
(mungkin hampir sebulan) juga mempunyai kebiasaan yang sama dengan putra Mbak. Semalam
juga habis mengamuk gara-gara minta dibuatkan mie instan, tapi saya bilang "Mas kan
baru makan dan minum susu, nanti kekenyangan malah sakit perut" Tapi dia ngomel-ngomel
sambil membuang semua bantal yang ada di kursi. Saya beri pengertian dengan pelan,
tapi masih juga ngamuk, semua mainannya diberantakin, meja kecil di gulingin. Yah...
karena saya capek, saya tinggalin saja dia sendirian. Akhirnya dia diam sendiri,
mungkin karena dia capek mengamuk sambil menangis. Setelah dia diam, baru saya dekatin
lagi, saya sayang dan beri pengertian lagi bahwa meminta sesuatu itu tidak selamanya
harus ada. Ada kalanya Mama tidak punya uang, ada kalanya Mie juga tidak tersedia di
rumah,dll. Terus dia minta maaf : "Maafin Oyik ya ma ..... " sambil mengulurkan
tangannya. Seringkali kejadian seperti ini berulang, dengan permasalahan yang
berbeda-beda, misalnya dia mencari mainan yang belum ketemu, atau minta sesuatu yang
tidak dipenuhi. Tadinya saya sempat agak kasar menanganinya, tapi setelah tidak ada
perubahan juga saya dan suami sepakat untuk memberi pengertian dengan lembut dan atau
membiarkan saat dia mengamuk. Baru setelah itu kita beri pengertian kepadanya.

  Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat.

  Salam
  Mama Roziq