[EMAIL PROTECTED] wrote:

> Mbak Rien, Saya malah baru tahu kalau air  Aqua untuk si kecil harus
> direbus dulu.
> Saya enggak pernah tuh. Saya pikir air Aqua sudah aman dari bakteri jadi
> tidak perlu direbus dulu.
> Emang begitu Ya, Mbak ? wah sorry jadi balik bertanya, yang bener-nya
> gimana sich ?
>
> Jadi worry nich !

Mbak Teny,

merebus air aqua itu anjuran DSOG juga dari DSA saya. Katanya, spt. Mbak
Jihane bilang, belum tentu bebas bakteri. Terutama utk. anak bayi,
sebaiknya direbus dulu. Sebab itu saya ikuti. Kayaknya sih utk. anak di
bawah 1 tahun kita masih takut ya Mbak, kalo nggak steril betul. Rasanya
betul kata Mbak Mia, bahwa di atas 1 tahun daya tahan akan sudah
meningkat jauh. Mungkin ambang batasnya 1 tahun itu ya...?

Soalnya susah juga kalo terbiasa 'terlalu' steril. Sementara kita hidup
di Indo yg. hygiene-nya tidak terlalu tinggi. Suatu saat, anak2 kita
akan bersentuhan dgn. lingkungan yg. tidak hygiene itu, iya kaan ? Kita
kan tidak selalu bisa monitor dan jaga supaya dia kontak ke yg.
hygiene-nya tinggi terus. Apalagi kalo nanti sekolah, ada jajanan
dllnya...  Saya lihat, expat2 di kantor saya waktu baru2 datang ke Indo,
sekalinya minum yang ada es batu-nya (es batu pabrik es, maksud saya),
bisa sakit perut. Tapi sesudah itu dia sudah kebal... he-he-he.

Waktu saya kecil(kira2 SD begitu), saya inget, sesekali dibiarkan mandi
hujan sama ibu saya. Katanya supaya kekebalan alami terbentuk. Supaya
lebih biasa beradaptasi dgn. perubahan. Tapi beliau juga wanti2 waktu
saya kuliah ke bdg dulu, jangan langsung makan lalap2an, karena perut
belum terbiasa dgn. sayuran mentah. Pelan2 dibiasakannya, katanya. Ya
rasanya betul juga. Saya tidak pernah ada masalah makan lalapan pinggir
jalan dari tukang pecel lele...:-) Jadi saya kira perlu juga membentuk
kekebalan alami itu, tapi harus pelan-pelan mungkin yaa...? Dan pada
usia yg. tepat. Mungkin kalo anak saya sudah tidak balita lagi, saya
suruh mandi hujan juga sekali2.

_/)(\_     |~          Salam,
 /~~\    o'  |~        Rien.
  ^ ^