Umi Sm wrote:

> jadi timbul pertanyaan baru, apakah Bab yang lain dari biasanya ( keras
> atau mencret)merupakan pertanda bahwa pencernaan belum siap menerima makanan
> baru.?

Menurut saya, bisa ya bisa tidak. Bisa jadi merupakan reaksi thp.
makanan tertentu saja. Saya perhatikan, campuran buburnya Izhar banyak
sekali. Seingat saya, ayam dan daging baru diberikan sesudah 7 atau 8
bulan, ya...? Yang pertama kali sebaiknya ikan. Bubuk teri itu maksudnya
spt. apa Mbak ? Apa teri kering (spt. teri asin) yang dijadikan bubuk ?
Menurut saya, sebaiknya makanan yg. diawetkan jangan diberikan ke bayi.
Selain gizinya banyak berkurang, zat2 yg. tidak diinginkan malah
bertambah (garam,dll).

> Seberapa banyakkah porsi buah yang dapat membantu melancarkan pup?
sebenernya tidak ada porsi khusus utk. buat pup lancar, ya. Porsi yang
biasa diberikan saja. Kalau pencernaannya sudah baik, tentu pup nya
lancar. Dulu rasanya saya berikan buah blender kira2 60-90cc.

> Sebenarnya usia berapa idealnya pemberian nasi tim?
Yang ini saya agak lupa. Rasanya 7-8 bulan, ya ? Sebelum itu bubur susu
? Tolong dikoreksi.

> Bukankah dalam susu lanjutan selalu tertulis usia konsumsi susu
> tersebut?
> mis  6-24 bln.adalah hal yang standar?
Tidak juga. Susu 6 bulan, kalau mau dipake terus di atas 1 tahun, ya
boleh2 saja. Mau diganti dgn. yang 1 tahun ke atas (biasanya kalorinya
lebih tinggi, utk. mengkompensasi aktifitas yg. tinggi) ya boleh saja.
Ada yg. menulis usia 6bl. - 3 tahun. Tergantung produsennya.

> Apakah obat Duphalac itu termasuk obat pencahar ?tidakkah berbahaya bagi
> bayi? dan apakah dapat dibeli bebas?
Yang saya tahu Microlax memang obat pencahar. Setahu saya, tidak
disarankan utk. memberi obat pencahar pada bayi, kecuali atas
rekomendasi dokter.

> Sejak saya berikan nasi tim tersebut. Izhar jadi rewel dan nggak enak
> badan,
> apakah ini yang disebut kolik?
Kolik pada bayi biasanya terjadi di bulan2 awal saja. Dan tidak pada
semua bayi. Mungkin yang dialami Izhar adalah mules, atau perut tidak
nyaman. Kalo benar kolik, maka anak bisa menangis keras...sekali, tiba2
menjerit, pokoknya menunjukkan rasa sakit deh.

> saya dapat mengambil keputusan memberhentikan sementara nasi TIM atau
> kembali ke susu semula.
Bundanya Izhar, saya belum pernah mengalami hal yg. sama. Tapi boleh
kasih saran, yaa.. Tidak setiap anak punya kesiapan pada waktu yang sama
dgn. anak lainnya. Dan tidak setiap anak sama reaksinya thp. jenis
makanan yg. sama. Mungkin utk. sementara, coba dikasih bubur susu saja
dulu. Kalau BAB-nya sudah lancar lagi, kalau mau mencoba nasi tim lagi -
meskipun saya lebih menyarankan utk. tunggu hingga 7 bulan - tambahkan
air pada buburnya (buat lebih encer lagi). Porsinya sedikit saja dan 1
jenis sayur saja (wortel atau bayam) utk. beberapa hari. Tetap berikan
buah spt. biasa. Lihat lagi apa ada masalah dgn. BABnya. Kalo OK, coba
tambahkan sedikit ikan. Lihat lagi BABnya. Begitu seterusnya kalo mau
amannya sih. Memang repot dan kelihatannya ekstra hati2 sekali. Tapi
daripada nggak ketahuan penyebab masalahnya ?
Kalau ragu, yg. mana yg. menyebabkan sembelit, susu atau nasi tim, coba
pakai lagi susu yg. lama, perhatikan BABnya. Kalo pakai susu lama tetap
juga sembelit, berarti memang masalah di nasi timnya.
_/)(\_     |~          Salam,
 /~~\    o'  |~        Rien.
  ^ ^