Kalau memperkenalkan susu botol pada bayi yang sebelumnya eksklusif hanya
mendapat ASI, memang agak sulit. Saya mengalaminya, karena anak saya Mufti
(4,5 tahun) sejak bayi sampai 2 tahun hanya pakai ASI. Kalau saya kerja,
saya tinggalkan sekitar 2 botol di kulkas dan dia meminumnya tanpa saya
perkenalkan pada botol susu dan dot (pakai sendok). Usaha untuk
memperkenalkan pada susu botol selama itu, juga saya lakukan. Yang saya
temukan, bayi tersebut ternyata sudah punya "selera" rasa susu. Memang
seharusnya kita tidak boleh "trial and error" dalam memberi susu pada bayi,
apalagi memngingat pencernaannya yang masih sensitif. Saya membeli susu yang
porsinya kecil dengan harga yang relatif terjangkau, ternyata dia tidak suka
(disembur atau dikeluarkan lagi).  Dalam jarak waktu tertentu saya coba
merek lain, juga demikian. Mungkin saya mencoba 4-5 jenis produk susu, baru
akhirnya agak mau ketika diberi Promil (bukan promosi). Apa mungkin karena
rasanya lebih enak (sebagai orang tua suka penasaran juga ingin mencicipi
makanan yang bayi kita suka/ tidak suka), atau lebih mendekati ASI, saya
kurang mengerti yang jelas.  Tapi itupun dipergunakan untuk mencampur makan
biskuit saja (bukan santapan susu utama). Saya tidak tahu pengalaman ibu-ibu
lain ketika menghadapi masalah ASI yang semakin kurang, sementara bayi kita
tidak mau susu formula. Tapi kayaknya, pemberian ASI itu juga berpengaruh
pada selera bayi terhadap susu.

Mengenai makanan tambahan, pernah ngga dicoba makanan tambahan yang lain?
Bubur bayi yang alamiah kita olah sendiri? Soalnya usia 7 bulan itu kan kita
lebih "bebas" memberikan makanan pada bayi. Kita bisa bikin bubur sendiri,
yang kemudian diblender/ disaring dengan bayam, wortel, buncis, tomat, ati
ayam dlsb. Kadang-kadang bisa juga kentang rebus dihaluskan, dicampur dengan
keju parut. Atau bubur havermut-pun saya pernah coba (dan bayinya mau). Yang
jelas sih, kayaknya memang perlu juga ya selalu bereksperimen dengan apa
yang disukai dan tidak disukai bayi kita.

Dari
Bunda-nya MUFTI