Pak sebaiknya susu formula jangan dikentalkan deh, nanti takut
mencret(sorry), iya soalnya kebanyakan kasus kayak begitu.....setelah
takaran susu dikentalkan, eh bukan tambah naik BB tapi malah mencret terus,
kasihan khan bayinya.
Gimana kalo ikutan cara saya, anak saya juga sama, sering mengadakan "Hunger
strike" alias mogok makan, tapi saya nggak keabisan akal...........gini nih
triknya saya:
Cara pertama: susu formula saya campur dengan biskuit milna (takaran susu 3
sendok = 90 ml air + Biskuit milna rasa ori. 2 Keping, total air menjadi 150
CC), dia nggak kerasa eneg karena nggak kental tapi ada makanan padat yg
masuk....
Kedua : Susu formula ditambah Bubur Susu (takaran susu 3 sendok = 90 ml air
+ bubur susu 2 sendok makan, total air ditambah menjadi  150 CC), Keduanya
diberikan dgn botol susu.

Memang benar peringatan dibungkus2 biskuit or makanan padat yg mengatakan
bhw pemberian sebaiknya jangan dicampur susu didlm botol, tapi gimana lagi
kalo anaknya "Mogok" kayak begitu.......yah menurut saya sih kita ambil yg
flexi aja deh pak, kalo anak lain bisa makan bubur/biskuit disendokin, anak
kita sih pelan-pelan deh,..pake susu dicampur dibotol juga khan sama yg
penting masuk.........Kalo ada yg bilang nggak mendidik?? wah.......daripada
kurang gizi?? (mending mana) toh itu nggak akan selamanya berlangsung, dia
juga khan hidup disekitar keluarga yg makan dengan sendok, saya yakin pasti
dia juga akan mengambil kebiasaan itu.......terbukti anak saya juga begitu
kok pak, sekarang dia udah makan secara normal.....nggak diencerin masukin
kebotol lagi.

Tapi selain itu kita juga harus sabar banget sama si baby, kalo nggak mau
pakai botol yah disendokin sambil dicuri perhatiannya dengan iklan TV,
Mainan, Buku, dll...pokoknya telaten deh. Iya deh pak Selamat berjuang
aja..sorry kepanjangan.

Salam,

Ibunya Awanis