Mbak Trie,
memang soal BS atau pembantu orang bilang jodoh-jodohan. Meskipun kita
sudah baik, tapi kalo dasarnya mereka kurang baik, ya...nggak enak juga
akhirnya.
Rasanya tidak terlalu istimewa perlakuan saya, mungkin rekan2 yg. lain
juga memperlakukannya sama saja. Makanannya sama spt. yang kami makan.
Mau nonton TV terserah, asal kerjaan sudah beres, dan pagi2 tidak bangun
telat. Kalo pergi2 pas jam makan, dia juga makan semeja dengan kita.
Memang mereka juga pasti ada kesalahan2nya. Kita juga nggak berharap
mereka bisa persis melakukan apa yg. kita minta. Di awal masa kerja,
saya selalu bilang rules-nya bagaimana di rumah. Saya kira lebih baik
pahit2 di awalnya, langsung diberitahu, daripada ada penyimpangan
ditolerir sedikit nanti jadi keterusan... Kalo ada contoh di sekitar
(kaya' pembantu / BS suka 'nangga..., atau malem2 keluar ngobrol sama
satpam2) yang kita anggap tidak baik, kita beritahu ke mereka, jangan
ikut2an spt. itu.
Kaya'nya sama aja, kaan...?
Kalo sampai merek HP juga dia ribut-in, hmm, mendingan ditegur saja lah
Mbak. Atau kalo Mbak termasuk yg. susah negur orang, minta ke suami Mbak
saja. Saya juga agak susah kalo negur keras, tapi suami saya paling bisa
tuh... Walaupun abis itu dia senyum-senyum di kamar...
Abis, kadang2 pembantu / BS itu memang pengen coba2 pengaruhnya ke kita.
Masa' tetangga saya waktu negur ke pembantunya (yg. pergi main 2 jam
baru kembali) dijawab begini "Bapak kalo marah2 nanti saya abis Lebaran
nggak balik lagi loh..." Hi-hi-hi... pusing ya...?
Dan kalo nggak berubah, mungkin sudah waktunya dicari gantinya... Susah
juga, ya...?
OK Mbak Trie, moga2 BS-nya bisa lebih baik lagi.

Salam,
Rien.