Member balita-anda,

Kalo boleh saya bagi-2 pengalaman saya membawa sang balita pulang mudik..
Anak saya sudah dibawa pulang ke kampung mertua (+/- 8 jam perjalanan) sejak
umur 5 bulan, yang kebetulan waktu itu saya masih mempunyai ketakutan yang
sama dengan yang ibu-2 rasakan... tapi perjalanan kami buat senyaman
mungkin... bangku belakang seperti kamar tidur layaknya... dialasi bantal
santai yang besar dan dilapisi selimut  dan ditaruh guling-2 kecilnya
kiri-kanan dan diatas kepala, hingga bangku belakang tidak ada lowongnya
dengan bangku depan dan anak aman apabila mobil belok kiri/kanan, apalagi
kalo kita tertidur misalnya... terbukti anak saya tiduuur saja selama
perjalanan dan baru terbangun kalo mobil berhenti... selalu sedia sweater
anak (kalo bisa yang ada topinya), kaos kaki, baju dan celana ganti dan
selimut, tujuannya apabila udara mulai dingin atau AC terlalu dingin, segera
pakai dan hangatkan balita kita.. jangan lupa pula termos, makanannya, susu,
minyak kayu putih dan yang biasa kita lakukan sehari-2... pokoknya saya
seperti pindahan deh...  hingga sekarang anak saya hampir 2 tahun agak
sedikit legaan karena dia udah bisa didudukan sendiri (tapi selalu diawasi
supaya tidak jatuh kalo mobil ngerem mendadak)...

sejak saat itu, saya sering membawa jalan-2 sang balita keluar kota bahkan
pake bus yang paling kecil sekalipun... OK-2 aja tuh..
semoga berguna.
salam.
mira.