Dear Mbak Quinike....
Kalau boleh bantu jawab, soale anak saya yang pertama (laki) kan lahir di
US. Penyunatan bayi itu sebenarnya on request. Boleh sunat boleh nggak. Dan
kebetulan saat itu saya milih disunat. Pada usia 1 hari Ariel langsung
sunat oleh OB/GYN saya dan saya disuruh menandatangani surat persetujuan.

Pada saat saya hamil 8 bulan, saya mulai cari pediatrician dan saya sempat
interview beberapa orang dan menanyakan concern mereka tentang sunat. Kalo
menurut mereka, tidak ada alasan medis untuk sunat. Toh kalo disunat akan
memberi kesempatan kuman untuk hinggap lebih cepat, sedangkan kalo nggak
sunat kawatir kurang bersih akan timbul sakit. Hanya faktor sosialisasi
(alasan saat itu). Umumnya anak laki di US disunat kecuali Yahudi dalam
ritual khusus. Dikawatirkan kalo dalam pergaulan nanti (mis. pada saat
selesai olah raga biasanya mereka pada mandi bareng akan keliatan siapa
disunat siapa nggak). Takutnya jadi bahan olok-olok. Pemilihan sunat pada
usia sedini mungkin (menurut mereka), karena syaraf bayi (katanya) belum
berfungsi benar. Jadi less hurt than kalo sunat pada usia udah gedean.

Kalo ada efek lain, saya juga ingin tahu, sebab anak saya kedua (9bln)
belum sunat. Saya kok kurang yakin dengan dokter disini (=Batam). Tapi kalo
memang keuntungannya lebih banyak, akan saya usahakan juga. Pertanyaan
juga buat dr. Rudy, apa benar kalo laki-laki yang tidak sunat akan
mempertinggi resiko istri mendapat  kanker rahim? Gimana pun juga
saya kan harus sayang menantu, nantinya. Ha!

Regards,
Ika