Saya setuju dengan Ibu.
Semua kembali kepada pribadi masing2 BS. Kalau niat mereka memang untuk
bekerja dengan ikhlas, Insya Allah semuanya akan berjalan dengan lancar.
Dari manapun yayasan mereka.
Saya, alhamdulillah, termasuk orang yang beruntung dalam masalah BS ini.
Mungkin saya pernah cerita ke milis ini. Semoga yang pernah baca nggak
bosen baca lagi.
Sejak saya masuk kantor setelah cuti melahirkan (anak saya umur 2 bl) sampe
sekarang (anak saya umur 15 bl) saya sudah ganti BS 4 kali. Bukannya karena
BS2 itu kerjaannya jelek, tapi mereka keluar karena mau nikah. Keempat BS tsb :
1. Sri Munjianah. Yayasan Ridho Yogyakarta. Usia 27 th. Asal Kediri.
Orangnya rajin. Ya rajin dalam bekerja dan beribadah. Sabar, banyak
ngomong, sopan, pengalaman jadi BS udah 6 th, sayang sama anak saya (saking
sayangnya sampe saya sendiri cemburu. he..he...). Pokoknya saya cocok deh
sama dia. Waktu pertama saya tinggal ke kantor, sayanya tenang aja tuh...
Malah terlalu tenang. Saya percaya banget sama dia. Waktu dia mau
keluar,mungkin karena sungkan sama saya, ngomongnya lewat surat. Dia bilang
disuruh nikah sama ortunya. Ya saya mau bilang apalagi. Ya udah, dia keluar
setelah bekerja dengan saya 4 bl.
2. Sarjiyati. Yayasan Ridho Yogyakarta. Usia 20 th-an. Asal Yogyakarta.
Yang ini lumayan juga. Nggak terlalu banyak omong, tapi cukup rajin.
Pengalaman kerja 2 th sebelum ikut saya. Ikut saya cuman 1 bl, trus
bapaknya telpon saya bilang kalo anaknya mau dinikahkan. Wah..... ya gimana
lagi. Saya belum bisa menilai pekerjaannya karena baru sebulan.
3. Tutik. Yayasan Budi Kencana Surabaya. Usia 30 th. Asal Bojonegoro.
Nah, yang ini ikut saya lumayan lama : 6 bl. Keluar juga karena mau nikah
(udah tua katanya. Sudah ditunggu sama calonnya). Kerjaannya bagus.
Walaupun dia ngomongnya ceplos2 (biasa orang jawa timur), tapi sayang sama
anak saya (dan saya nggak cemburu lho....). Orangnya rajin, bersih,
pengalaman jadi BS 7 th, cekatan, dapat dipercaya, suka ngajarin kepandaian
baru sama anak saya, humoris.  Kalau saya pulang dari kontrol ke DSA, mesti
dia nanyain beratnya Rafi' berapa, dokternya bilang apa, pokoknya perhatian
banget. Anak saya kan susah makan. Tanpa saya suruh BS ini suka coba2
masakan untuk anak saya, tentu saja yang aman. Kalo saya pulang kantor suka
cerita2 apa aja yg udah bisa dilakukan anak saya. Saya jadi tenang
ninggalin anak saya ke kantor. Hari Sabtu kemaren dia telpon ke saya ,
bilang kalo mau kerja ke Lombok jadi BS juga. Dalam hati saya bilang, mbok
kerja sama saya lagi aja. Soalnya saya udah cocok sih.....
4. Jamiah. Yayasan Budi Kencana Surabaya. Usia 20 th. Asal Ngawi.
BS ini yang sekarang ikut saya. Udah sekitar 2,5 bl. Pengalaman kerjanya 3
th. Orangnya rajin juga, suka nyanyi2 lagu anak2 sama anak saya, lumayan
banyak ngomong, bersih, telaten, sayang juga sama anak saya. Lucunya, anak
saya kalo udah sama saya, nggak mau sama BS-nya. Dengar saya manggil nama
Jami aja dia udah langsung meluk saya. Tapi kalo BS-nya muncul sambil bawa
sepatunya, wah... langsung lengket, karena tau mau diajak jalan2 :)

Waduh.... sori kepanjangan. Saya cuman ingin berbagi pengalaman dengan
temen2 netters. Masih ada BS yang bisa dipercaya kok. Sekali lagi itu semua
kembali ke pribadi masing2 BS dan tentu saja kepada diri kita (para orang
tua). Prinsip saya dan suami dalam memperlakukan BS adalah, bahwa kita dan
mereka itu sama2 mahluk Allah. Jadi dalam kesehariannya mereka saya
"uwongke" (bhs jawa. bhs indonesia-nya apa ya.....??).
Sekian sharing saya. Karena masih dalam bulan Syawal, maaf kalo kepanjangan
dan maaf kalo ada temen yang tersinggung.

Ibunya Rafi'