----- Original Message -----
From: Mardhiana, Rahajeng <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Tuesday, January 16, 2001 10:34 AM
Subject: RE: [balita-anda] Mandi

> Sejauh ini saya sich belum pernah dengar pengaruh buruk mandi dgn air
dingin
> / biasa tuch...?!!

Saya pernah baca artikel di tabloid Nova (maaf, lupa edisi berapa) kalau
bayi sebaiknya dimandikan dgn air hangat/suam-2 kuku. Alasannya, sesudah
mandi dgn air biasa/dingin tubuh bayi akan berusaha menghangatkan badannya
ke suhu normal, dan usaha ini membutuhkan energi dari dalam tubuh bayi itu
sendiri. Akibatnya jadi ada energi terbuang sia-2 hanya untuk mengembalikan
suhu tubuh ke tingkatan normal. Sayangnya dalam artikel tsb tdk ditulis yg
dimaksud dgn bayi itu sampai umur brp.

Kalau pengalaman saya sendiri, si kecil sdh mandi air biasa sejak usia 5
bln, soalnya menurut orang-2 tua kalau bayi kelamaan dimanja mandi dgn air
hangat tubuhnya akan rentan dgn penyakit (sebetulnya apa hubungannya
ya....). Selama kondisi anak sehat dan tdk mandi kesorean,  saya rasa mandi
air biasa boleh-2 saja, malah badan jadi segar.

endra