Mbak,
bagaimana dg minumnya? Berapa banyak cairan yang masuk seharinya?
Soalnya, meskipun makannya sudah bervariasi (serat kasar), tapi kalau air
minumnya kurang, bisa bikin susah bab juga.
Kalau jumlah cairan ternyata sudah cukup, tapi masih susah bab juga, saran
saya sebaiknya dibawa ke dokter, krn ada kemungkinan penyerapan di ususnya
(terutama usus besar) ada yg ngga' betul -- mungkin usus besarnya tll byk
menyerap air.
Atau kalau dia sudah bisa duduk, coba setiap pagi dudukkan di potty anak
kecil, mungkin ini bisa membantu.
Untuk sementara, jika pupnya masih keras, kalau Mbak lihat dia sudah mulai
mau pup (ngeden), bisa dibantu dg memberikan baby oil diteteskan di (maaf)
lubang anusnya -- jadi bisa licin, dan mencegah pendarahan.
Segini dulu Mbak, semoga si kecil cepat sembuh!

rgds,
Quinike