From: Syarifa, Diena (KPC) [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Friday, January 26, 2001 12:21 PM
To: '[EMAIL PROTECTED]'
Subject: RE: [balita-anda] kurus sekali

saya kok jadi heran dengan comment dokternya yang menyatakan 'dokter lebih
tahu apa yang harus dilakukan ' wah..kok gitu sih ?? coba ibu pindah ke
dokter lain terutama yang spesialis anak...
menurut pengalaman kakak saya (spesialist anak) tentang pasiennya kebanyakan
anak-anak yang susah makan, badan kurus dan ada benjolan kecil di bawah
lehernya (pembengkakan limfa)  itu kemungkinan besar ada flek paru-parunya
dan diketahui setelah dirontgen dulu....masih menurut kakak saya, flek itu
wajar-wajar saja  dialami oleh bayi krn bayi rentan terhadap penyakit
(terutama bila sering saat bayi dibawa ke tempat-tempat umum), jadi orang
tua tidak perlu malu atau sedih mendengar anaknya divonis sakit paru-paru,
karena hal ini berbeda dg kasus TBC pada orang dewasa. Langkah yang tepat
adalah segera memberikan terapi yang tepat untuk penyembuhannya.
Ada kemungkinan keponakan ibu flek paru-parunya sudah sejak balita..dan
tidak usah khawatir krn flek itu dapat disembuhkan namun dengan konsekwensi
nimum obat secara teratur tanpa ada tertinggal satu haripun minimal selama 6
bulan, setelah 6 bulan nanti diperiksa lagi dan bila masih ada fleknya
pengobatan akan diteruskan sampai satu tahun. Konsekwensi lainnya bila minum
obatnya tidak teratur (sering kelupaan)..maka akan terjadi resistensi dan
itu akan sulit sekali penyembuhannya.
Obat yang diberikan biasanya ada dua jenis yaitu Pyravit dan Rimactane,
biasanya sih minumnya cukup sekali sehari setelah bangun tidur atau sebelum
tidur.
Banyak kasus setelah flek di paru-paru hilang anak jadi doyan makan dan
gemuk.....
Demikian sekilas info dari saya semoga bemanfaat....