Mbak Meidya,

Saya juga menderita thalasemia (minor), HB saya dari saya kecil selalu rendah (dibawah
8). Akibat dari HB rendah ini (bila penderita sedang hamil) supply oksigen ke janin
jadi berkurang, yang akan menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah (IUGR) atau
(menurut dokter) cacat bawaan. Waktu hamil pertama dulu, dokter kandungan saya (dr
Suharyanti - MMC) merujuk pada dokter hematologi (dr. Abdul Muthalib), jadi tiap
bulannya saya selalu memeriksakan diri pada 2 dokter (selain dokter USG) dokter
hematologi tidak menyarankan untuk transfusi darah jika tidak perlu (tansfusi akan
menyebabkan iron menumpuk pula), hanya menambah kwalitas jumlah darah dengan
obat-obatan yang tentunya tidak mengandung iron, karena dikhawatirkan akan menumpuk,
sedangkan saya juga anemia yg memerlukan iron. Menurut dokter, transfusi diperlukan
jika dalam keadaan mendesak saja (bersalin), karena ada pilihan obat, saya lebih
memilih obat. Transfusi dalam keadaan hamil, tidak bisa diberikan begitu saja
(sembarangan), tetapi harus dicek kandungannya, harus bebas dari HIV, hepatitis, dll
(penyakit-penyakit bawaan) yang tentunya tidak akan menular pada saya dan anak saya.
Dokter kandungan menyarankan agar saya mengkonsumsi glukosa kadar tinggi (glucolin)
setiap hari 2 gelas, dan saran dokter USG (dr Judi D. Enjun), agar saya diberikan
terapi O2 intermiten (oksigenisasi) setiap hari selama 45 menit. Hal ini saya lakukan
di UGD RS MMC setiap hari, tapi berhubung tidak ada waktu akhirnya saya membeli
oksigen sendiri dan saya lakukan dirumah. Oksigen & glucolin, membantu mengatasi
kekurangan O2 & efek kekurangan HB (seperti cepat letih, lelah, lesu dll). Bayi saya
yg diduga lahir dengan berat badan rendah (dibawah 2000 gram), ternyata lahir dgn BB
3600 gram dan sehat. Semua itu diluar dugaan para dokter. Oya, saya hanya melakukan
transfusi darah pada saat akan dicaesar sebanyak 4 kantong dan setelah operasi
sebanyak 4 kantong pula (golongan darah saya AB, yang agak susah mencarinya, tapi
semua saya serahkan pada pihak RS). Dokter