Pak Wawan, anak laki2 saya, saya cukur pelontos 2x, pertama umur 2 minggu
(sesudah aqiqah), dan yang keduakali umur 2,5 bulan. Cara nyukurnya gampang kok
Pak, sementara saya ajak main, ayahnya nyukur dia pake cukuran jenggot (yang
pake listrik atau pake baterai), kan ngga tajem tuh Pak..

Lalu, untuk 'memelontoskan' atau melicinkan, saya susui dia sembari saya 'kerik'
pelan2 pake cukuran jenggot yang biasa (yang bukan pake listrik/ baterai), kalo
bisa pake yang merk Gillete yang agak mahal itu lho Pak, biar ngga melukai, kalo
pake silet atau cukuran yang murah takutnya tajem dan bisa melukai kepala bayi.

Sudah itu, saya kasih bedak. Selesai. Jadi, saya cukur dia tanpa 'perlawanan'
dan kepala atau rambut dalam keadaan kering.

Disaat dia 'botak', kalo kita ingin rambut anak kita bagus, bisa kita kasih hair
lotion khusus bayi atau yang tradisional seperti seledri atau yang lain. Tapi
hati2, biasanya yang tradisional ini panas di kulit kepala bayi, sehingga bisa
menimbulkan merah merah, gatal, atau alergi, semua tergantung 'kekuatan' masing2
kulit kepala bayi.

Demikian pengalaman saya, maaf kalo kepanjangan, dan semoga bermanfaat.

Terima kasih.