Pak Chairul,
Saya juga sekarang sedang hamil anak kedua yang kebetulan sudah memasuki bulan
ke 8. Saya juga pernah mengalami kram pada kaki di malam hari yang
rasanya.....sakit sekali. Hal itu terjadi karena secara tak sadar dalam tidur,
saya sering mengubah posisi tidur sambil meregang (mengulet, bahasa jawanya).
Dan kalau sudah begitu, bisa dipastikan pasti kram deh kakinya.
Sampai suatu saat, saya diberitahu oleh kakak saya kalau mau mengulet, telapak
kakinya jangan diluruskan ke depan tetapi di tarik kebelakang.
Alhamdulillah, setelah dipraktekkan saya tidak pernah mengalami kram kaki lagi
di malam hari.

Kalau soal perut mengeras setelah jalan-jalan lama itu juga saya alami Pak dan
kata DSOG saya hal tidak apa-apa dan terjadi karena si bayi sudah memasuki
rongga pinggul. Sebaliknya, saya malah disarankan banyak jalan agar mudah dalam
melahirkan.

Demikian sharing dari saya Pak, semoga bisa membantu.......

Mamanya Pepi