Halo Ririe....
Saya mau sharing aja pengalaman saya ttg bayi kuning.
Anak saya , sekarang umur 4.5 bulan, 6 kg. Waktu lahir
prosesnya normal hanya mesti di vacuum, beratnya 2750
dan pada  hari ketiga di RS dokter bilang anak saya
kuning, bilirubinnya tinggi, 12.  Selanjutnya, anak
saya harus disinar dalam inkubator terus diobservasi.
Keseesokan harinya bilirubinnya terus naik menjadi
14.5...jadi terus disinar lagi....ternyata terus naik
hingga 16! Saya ingat, pertanyaan pertama pada saat
dokter anak visit kekamar saya di hari ketiga, " Ibu
gol darahnya apa?" Saya jawab "O" dan beliau langsung
mangatakan bahwa kalau sang ibu gol.darahnya O
sedangkan anaknya A atau B ( kebetulan anak saya B)
cenderung kuning( bilirubinnya tinggi). Dan kuningnya
tidak seperti kasus biasa,tapi cenderung di atas
10-11.
Mengingat anak saya sudah mencapai 16, dokter
menyarankan untuk dirawat khusus di ruang sakit anak (
bukan ruang bayi lagi) dan harus diberi cairan ( saya
lupa namanya)untuk diinfus. Yang jelas harganya sangat
mahal...waktu itu saya di RS. Mitra Keluarga
Jatinegara beli sekitar Rp.900.000 - Rp.1,000,000.
satu botol kecil. Alhamdulillah, setelah 2 hari
bilirubinnya turun menjadi  6 dan anak saya boleh
pulang. Hanya harus dijemur setiap pagi dan diberi
obat utk diminum.

Yang dikhawatirkan pada kasus spt anak saya adalah
jika bilirubinnya terus naik sampai diatas 20, dapat
menyerang syaraf otak dan penanggulannya adalah dengan
"exchange transfussion",...Nah, mungkin itu ynag
terjadi pada anak sepupunya Ririe. Tapi...kalou saya
boleh saran, mengingat bilirubinnya baru 15, apakah
sudah perlu ditransfusi? Kalau masih bisa dengan cara
lain, mungkin patut dicoba...Yang penting harus
segera.

OK...semoga bermanfaat...kalau masih ingin share ttg
bayi kuning, kontak kontak saya langsung di
[EMAIL PROTECTED]

Bye....