From: Rie Purnomo [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Tuesday, March 13, 2001 10:21 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] susah makan !....

Mbak, coba dikasih Kiddi Pharmaton atau Scott
Emulsion. Anak saya waktu minum Kiddi, makannya lancar
hanya setelah Kiddinya saya stop, ya nafsu makannya
balik spt semula ... pengalaman saya Scott Emulsion
lebih bagus mbak ... atau kalau mau Seven Seas juga
bisa hanya rasa ikannya lebih terasa dibanding Scott
Emulsion. Saya dapat dari milis juga kalo minyak ikan
Tung Hai bagus untuk menambah nafsu makan ... saya
belum coba sich .. Susunya kalau bisa juga dikurangi
mbak, mungkin si kecil (siapa namanya?) udah
kekenyangan susu jadi gak mau makan.

Usia segitu khan udah bisa berbagai macam makanan
mbak. Udah dicoba table food belum?  Atau kalau lagi
mogok makan coba dibuatkan cornflakes + susu atau bisa
juga dibuatkan havermuth atau roti dipanggang dipotong
kecil-2 plus susu ... atau kalo bisa makanannya
disusun /dipotong bentuk binatang, bunga, dll ...
contohnya gini mbak, nasi taruh dipiring trus
sayurannya disusun menyerupai rumah, muka, dll ...
supaya menarik perhatian dan mau makan mbak (bisa
dicontoh dari bukunya ibu Titi atau buku terbitan
ayahbunda).
Mungkin juga si kecil udah pengen makan sendiri ...
coba aja disuruh makan sendiri, kita temanin aja
sambil ngobrol atau makan rame-2 sama ibunya di meja
makan.

Kadang juga anak saya baru mau makan kalo
diiming-imingi ... misalnya nasi masuk mulut nanti
dikasih krupuk ... begitu nasi masuk, baru krupuknya
kita masukin mulut juga, biar nasinya gak dilepeh ...
Kalau dia lagi gak mau makan, biarkan dulu, nanti
setengah jam dicoba lagi makanannya, jangan dipaksa
nanti malah trauma gak mau makan ... masuk 1-2 sendok
khan lumayan, trus aja gitu mbak ... selain itu mbak
mungkin bisa dikasih camilan spt keju, wortel kukus,
brokoli & cheese, kentang goreng, dll

Jangan stress juga lho mbak, semakin kita stress si
kecil gak mau makan, semakin dia gak mau makan ...
malah tambah stress khan ...

Mudah-mudahan berguna ya mbak ...

Salam,
Ibunya Syafa