Ikutan nimbrung boleh ya...
Kalau pengalaman saya, anak saya pakai diaper (pospak) hampir selamanya,
sampai dia graduate potty training. Memang, kalau boleh alasan, ya karena
kondisi saya. Di sini saya kan sendiri, ngga' ada pembantu, malahan di
apartment saya yg dulu tidak ada mesin cuci. Jadi kalau mau cuci2 harus
gotong2 laundry ke gedung lain, di mana ada mesin cuci coin.

Waktu itu, sebenernya saya juga berpikir untuk memakaikan popok kain, Mama
saya sudah bikin 4 lusin. Namun resiko basah dan kotor krn bayi < 1 bulan
bisa pipis 12 kali sehari, dan at least BAK 5 kali sehari... suami dan
saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan diaper sekali pakai, ya memang
resiko lainnya : harga. Cuman hal ini lebih menguntungkan dari pada harus
bolak-balik ke gedung lain, nah... anaknya taruh mana?

Selama anak saya masih kecil, akhirnya suami yg membantu doing laundry.
Krn saya tdk mungkin tinggalkan si bayi sendiri di rumah. Atau kalau suami
pulang tdk tll malam, saya yg pergi doing laundry.

Beruntung sekali di apt baru saya ada mesin cuci.
Pernah sekali saya coba tidak memakai diaper, hanya celana biasa...
he..he.. 8 celana basah! Plus nyuci karpet!

Kalau melihat kondisi di tanah air yang lembab (humidity 90-100%), memang
pemakaian diaper sekali pakai banyak masalah pada kulit, istilahnya diaper
rash. Kalau memang terpaksa sekali untuk pergi atau untuk tidur malam,
mencegah diaper rash dp menggunakan lotion/ointment u/ diaper rash (saya
biasa pakai Johnson punya).

Pada bayi usia 1-2 bulan, memang pipis dan BAK akan sering sekali dan
belum dapat diamati "kapan"nya. Tp kalau mau telaten, dg cara ditatur
(dibiasakan bab, kalau pipis belum bisa ya), si kecil akan terbiasa BAK
pada waktu2 ttt, mis. pagi hari. Nah, saat2 spt itu bisa saja dikasih
diaper sekali pakai, jadi ngga' perlu nyuci pup. Makin besar si kecil, kan
makin bisa dikira2 kapan dia bak atau pipis.

Jadi menurut saya, pemakaian diaper sekali pakai bisa waktu pergi dan
malam hari saja (supaya tidur tdk terganggu, bayi ngompol normal kok!).
Kalau sehari2 di rumah, pakai diaper kain jauh lebih bagus, krn kalau
basah langsung ketahuan, jadi bisa diganti dg celana kering lagi krn
kondisi di sana kan humid sekali.

Iya deh, gitu sharing saya... sorry kalau kepanjangan!

rgds,
Quinike