Mbak Yani,

sepertinya masalah mbak hampir sama dengan pengalaman saya
pada anak saya pertama (Steven). Saat itu Steven sudah saya ikut
sertakan dalam play group ketika berusia 2.5 tahun. Sampai akhirnya
ketika sudah mengikuti play group hampir 1 tahun. Steven melakukan
aksi mogok sekolah. Kami coba berbicara dengan gurunya siapa
tahu ada masalah di kelas bersama dengan teman atau pun gurunya.
Segalanya berjalan normal dan tidak ada masalah sama sekali.
Saya bersama istri hampir setiap hari mendampingi di sekolah sampai
steven masuk kelas, kami sering mengintip apa yang dikerjakan steven
di kelas bersama dengan teman dan gurunya. Segalanya kami anggap
tidak ada apa-apa yang mengherankan. Tapi mengapa 'mogok sekolah'
harus dilakukan oleh steven?
Akhirnya kami melakukan analisa terhadap kegiatan yang dilakukan
di sekolah maupun di rumah. Akhirnya kami melihat penyebabnya
(menurut kami), yaitu steven memang jenuh dengan aktivitas/pelajaran/
permainan yang diberikan di sekolah. Apa sebabnya? Sepertinya
yang menjadi penyebab utama adalah apa yang diperoleh di kelas
baginya sudah membosankan karena apa yang kami berikan di rumah
sudah jauh melebihi kebutuhannya yang dia peroleh di dalam kelas.
(Steven memang anak yang cerdas menurut kami - seperti yang pernah
saya sampaikan pada subject mengajar anak untuk membaca)
Sehingga, kami memutuskan anak saya untuk berhenti sekolah di play
group. Kemudian kami baru mendaftarkan kembali pada saat dia
harus masuk ke TK-A. Dan ternyata saat ini dia sudah menikmati sekolahnya
sampai saat ini.

Saran saya, sebaiknya mbak Yani bertemu dengan gurunya di sekolah
dan cobalah pelajari apa sesungguhnya penyebab utama atas aksi
mogok sekolah yang dilakukan oleh Farhan.
Semoga sharing dan saran ini bermanfaat.

Salam,
sw
[EMAIL PROTECTED]

                    "Yani-Prime

                    Indonesia"           To:     <[EMAIL PROTECTED]>

                    <primein@cbn.        cc:

                    net.id>              Subject:     [balita-anda] Mogok Sekolah

                    22/03/01

                    16:24

                    Please

                    respond to

                    balita-anda

Rekan Netters,

Anak pertama saya Farhan (4thn) tadi pagi mogok sekolah saat dibangunkan
disuruh mandi malah ngamuk teriak-teriak bilang "enggak mau sekolah..enggak
mau sekolah", ketika saya tanya kenapa ia tidak mau sekolah ia menjawab
"Aang capek perut Aang sakit nih..tapi lalu dilanjutkan Aang capek masih
ngantuk"

saya tahu sebenarnya ia tidak sakit perut (ia hanya ikut-ikutan pengasuhnya
karena kemarin Mbak nya mengeluh sakit perut)..karena keliatannya dia
enggan maka saya ijinkan ia hari ini untuk tidak sekolah..dan saya bilang
kepadanya kalau hanya hari ini ia boleh tidak sekolah tetapi besok dan hari
sabtu ia HARUS sekolah. Masalahnya suami saya kurang setuju dengan tindakan
saya menurutnya saya mengajarkan Farhan untuk tidak disiplin dengan
membolos.

Menurut saya mungkin ia jenuh harus bangun pagi (jemputannya datang jam
6:15) dan ia pulang jam 11:30..dan Farhan sudah mulai sekolah sejak umur
2.5 thn (play group)..bagaimana menurut rekan netters apakah tindakan saya
benar..karena saya tidak mau terlalu memaksakan Farhan untuk sekolah (ia
duduk di TK-A) ..takut ia stress..

Mohon sharing maaf kepanjangan...

Wassalam,
Ibu Farhan + Raihan