        From:   Susan Sumali [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
        Sent:   Wednesday, March 28, 2001 10:25 AM
        To:     [EMAIL PROTECTED]
        Subject:        RE: [balita-anda] ngurusin badan --> menggemukkan!

        Mbak-mbak, ada sedikit tambahan. Selain dengan daun katuk, kalau
bosen bisa
        juga diganti daun bayam. Mungkin, mbak Nurul perlu menambah
frekuensi makan
        daun katuknya. Dulu, saya sehari bisa 3 x makan daun katuk / bayam,
dan
        walaupun bekerja, saya bisa menyusui sampai Echa usia 1 tahun 4
bulan.
        Selain itu mungkin bisa ditambah dengan senam. Sewaktu masih di RS,
suster
        mengajarkan saya untuk senam memperbanyak ASI. Gampang aja kok. Yang
pertama
        , seperti melipat tangan di depan dada, tapi tidak menempel di dada.
Telapak
        tangan yang satu mendorong siku bagian dalam tangan lainnya , dua
tangan
        secara bersamaan. Senam yang kedua, jari-jari tangan kita taruh di
pundak,
        kemudian tangan kita putar ke arah belakang menuju depan dengan
disentuhkan
        ke bagian payudara. (aduh, kebayang engga ya caranya, kok saya jadi
bingung
        mendeskripsikan cara melakukan senamnya) Lakukan sesering mungkin,
        mudah-mudahan ASI tetap lancar ya Mbak.