mba,

anak saya(2 th 3bln) juga sering nglindur(bhs.jawa) kaya gitu. bisa jadi
itu karna dia kecapean wkt maen siangnya trus susanan hati saat itu
kebawalah sampe tidur malemnya. kadang juga kalo anak kecil kalo abis
bercanda a/ ditakut2in pake mis.kecoa, tikus2an, itu suka kebawa dlm
tidurnya. ekspersinya ada yg tidur sambil nangis, ada juga yg tiba2
terbangun kaya ketakutan sambil teriak engga, engga.

spt bp.taufan, saya suka sautin juga kedia a/ saya tenangin sambil ditepuk2
pantatnya. kalo sama bapaknya malah langsung dipeluk sampe tidur beneran.

gitu pengalaman saya mba,

Esti
mamanya novena & nadia

                    "Taufan Surana"

                    <[EMAIL PROTECTED]        To:
<[EMAIL PROTECTED]>
                    i-u.ac.jp>                      cc:

                                                    Subject:     Re: [balita-anda]
Anak gelisah
                    29/03/01 11:32 AM               waktu tidur malam

                    Please respond to

                    balita-anda

 Halo,

 1. Mengenai anak gelisah waktu tidur, saya kira itu hal yg biasa.
 Anak saya, Rihan, juga sering seperti itu. Mimpi 'kali ya.....
 Kalau sudah begitu, biasanya saya tenangkan dia dengan mengajaknya
 bicara. Misalnya dia marah-marah sambil ngomong "Nggak mau...nggak
 mau...", paling saya tenangkan sambil bicara "Ya sudah kalau enggak
 mau enggak apa2...", dsb. Habis itu dia pasti tenang lagi dan
 melanjutkan tidurnya. Jadi, tidak perlu dibangunkan tidurnya.

 2. Bentol2 merah tidak hanya terjadi karena digigit nyamuk atau
 serangga waktu keluar rumah. Di dalam rumah banyak sekali binatang2
 kecil berupa kutu, terutama di karpet atau kasur, dan sejenisnya.
 Biasanya justru kutu2 inilah yg menyebabkan kulit anak menjadi
 merah2 dan juga bisa menyebabkan sesak nafas bagi anak yg sensitif
 dan punya gejala asma. Utk itu, karpet, dll itu harus sering
 dijemur dan dibersihkan.

 Sekian, semoga bermanfaat.

 Taufan