Waduh, kalau soal hubungannya sama lambung, saya kurang tahu ya...
Soalnya yg suka bikin keselak itu kan bagian leher (kerongkongan),
apakah kalau sdh sampai lambung bisa balik lagi (antiperistaltik) terus
terang saya tidak tahu.

Kemungkinan lain, kenapa si kecil msh choking walaupun makanannya sdh
dipotong kecil2, adalah si kecil makannya lgsg banyakan. Atau meski dia
masukkan ke mulut satu persatu, tp makanan itu belum ditelan betul.
Jadi kalau Mbak masih mau mencoba, ya benar2 makanannya dipotongin kecil
(1/2 cm kubik), jangan biarkan dia menggigit sendiri. Udah gitu,
perhatikan juga, apakah makanan yg sdh masuk ke mulutnya sdh ditelan
betul. Kalau sdh, baru boleh berikan yg berikutnya. Semoga ini bisa
mencegah keselak.

Begitu aja Mbak saran dr saya.

rgds,
Quinike