Mbak Mita,
memang perjalanan ke USA lama sekali, bisa 24 jam sendiri di pesawat.
Yang penting, bawa perlengkapan bayi untuk minimal 2 hari. Baik dari
pakaian sampai makanan (apalagi kalau dia minumnya susu formula), kalau
asi kan anytime ada ya! Bawa pula perlengkapan tidur (boneka, atau selimut
kesukaannya). Obat yg biasa dipakai, spt obat pilek, batuk, tetes hidung.

Tiap pesawat ada policy-nya sendiri untuk yang bawa bayi. Waktu pesen
tiket atau pas check in, minta bagian depan, di mana ada tempat yg lebih
longgar untuk tempat bayi. Perlu juga bawa car seat atau carriernya (ada
pesawat yg kasih pinjem), tapi berhubung aturan di USA bayi harus pakai
car seat, mendingan langsung disediain, jadi jk dr airport mau ke
hotel/rumah, car seat sdh tersedia. [catatan: kalau sewa mobil di sini,
bisa juga sewa car seat, tp mahal, about $25 a day].

Di atas 3 bulan, bayi boleh naik pesawat kok! Di bawah 3 bulan, yg
dikuatirkan adalah suara pesawat yg tll bising u/ keamanan telinganya.
[susuin si kecil waktu pesawat take off]
Mengenai cuaca, di sini baru masuk spring. Sekitar 10-15 C, tapi angin
dingin masih saja ada. Jadi kya'nya masih perlu buntel2 bayi deh! Tutup
kepala, sarung tangan dan kaki masih diperlukan.

Jangan lupa buku vaksinasi, 'kali2 diperlukan. Dan lengkapi juga jadwal
vaksinasi seumurnya. Iya deh, begitu dulu sharing saya... jaga si kecil
supaya sehat, jadi selama diperjalanan nanti tidak rewel. Selamat
berlibur!!

Quinike