Ibu Nisa,
Sewaktu saya hamil dulu, saya sering diingatin sama DSOG saya agar; jangan
terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Karena kebanyakan karbohidrat juga
dapat menyebabkan kaki bengkak, bahkan pada tahap kehamilan masih kecil.
Apalagi pada saat hamil besar, belum lagi kenaikan berat badan kita yang
juga mempengaruhi pembesaran kaki (karena semakin gemuk). Bayi dalam
pertumbuhannya sangat memerlukan protein disamping tentu saja zat-zat lain
spt kalsium, mineral, vitamin juga dsb. Karenanya sebaiknya atur pola makan
ibu. Nasinya dikit aja, tapi lauk pauk dan sayur serta buahnya yang
dibanyakin. Terutama makanan laut sangat bagus. Jangan banyak makan yang
asin-asin. Kalo disaat hamil kecil saja kaki sudah bengkak, apalagi kalo
hamil besar. Biasanya kalo kaki saya kelihatan agak besar, biasanya saya
langsung istirahatkan, misalnya kaki ditaruh lebih tinggi. relaks saja.
Bahkan  kalo perlu kaki saya rendam pake air hangat plus garam dikit.
Rasanya nyaman sekali sambil dipijit-pijit.
Kalo bengkaknya besar banget, yaah.... segeralah ke dokter, tidak usah
menunggu 5 hari lagi ya ibu.

                    "nisa"

                    <ang_he@yahoo        To:     <[EMAIL PROTECTED]>

                    .com>                cc:

                                         Subject:     [balita-anda] Kaki bengkak

                    01/01/98

                    02:25 AM

                    Please

                    respond to

                    balita-anda

Halo netters...
Saya anggota baru nih, mau tanya dong...
Saat ini saya sedang hamil 22 minggu. Ini kehamilan saya yang pertama.
Sudah hampir sebulan ini kaki saya bengkak, paling terlihat bengkaknya itu
mulai pergelangan kaki sampai pangkal jari kaki. Kadang-kadang rasanya
sakit bila berjalan, tapi kadang-kadang hanya terasa kebal saja. Dan
belakangan ini rasa sakitnya makin terasa.
Yang mau saya tanyakan adalah, apakah bengkak kaki itu biasa terjadi pada
ibu hamil? Sejauh mana bengkak itu bisa dikatakan normal dan biasa. Karena
saya takut ada kelainan dengan kandungan saya seperti pre-eklampsia yang
katanya ditandai dengan bengkak pada kaki. Mohon informasinya, mengingat
saya baru akan bertemu dokter kandungan saya lima hari lagi.
Terimakasih sebelumnya...