Mama Kika,
Berarti Kika baru 2 bulan bisa jalan ya, wajar saja
kalau masih belum bisa jalan dengan benar. Condong ke
depan berarti dia sedang mempertahankan posisinya agar
tidak jatuh. Coba saja lihat apakah beberapa bulan ke
depan masih seperti itu atau sudah ada perubahan.
Tulang punggung kalau tidak terlalu menonjol rasanya
normal saja kok. Memang tulan punggung yang baik sih
ya tidak menonjol. Beberapa hal yang kemungkinan
menyebabkan demikian antara lain :
1. Terlalu cepat disuruh duduk padahal tulang punggung
belum siap untuk menegakkan badan sehingga badan bawah
cenderung membungkuk.
2. Didudukkan di kursi yang sandarannya empuk dalam
jangka waktu lama. Sandaran yang terlalu empuk tidak
dapat menyangga tulang punggung yang belum kuar
sehingga badan cenderung bungkuk (berlipat).
Tapi kalau dokter bilang tidak apa-apa ya ibu tidak
usah khawatir, hanya pengawasan tetap perlu untuk
melihat apakah tulangnya tetap atau makin lama makin
bengkok.
Terakhir, tinggi normal untuk bayi usia 1 tahun adalah
1 1/2x tinggi waktu lahir. Jadi kalau lahirnya 50 cm
maka saat umut 1 tahun tingginya sekitar 75 cm dan
anak perempuan biasanya 1-2 cm lebih pendek dari anak
laki-laki seusianya.
Demikian ya bu, semoga menjawab.

Mamanya Dafi

--- "Misty A. Maitimoe" <[EMAIL PROTECTED]>