mbak mila,
saya pernah lihat di dokter RS mengenai perkembangan bayi, memang bayi bisa didudukan
dengan bantuan kita dengan posisi punggung yang tersangga atau digendong dengan posisi
duduk, tapi kalau belajar duduk sendiri, biarkan anak itu tulangnya kuat dengan
sendirinya dan berarti dia sudah siap untuk posisi tertentu. waktu anak saya sudah
mulai berdiri sendiri pegangan di box di usia 6 bulan 20 hari terus saya cerita ke
dokternya, dokternya tanya berdiri sendiri atau diberdirikan ortunya, saya jawab
berdiri sendiri terus dokternya baru lega. dokter bilang anak jangan dipaksa melakukan
posisi yang dia mampu dan kalau anaknya sudah mulai berdiri berarti anak itu sendiri
sudah siap untuk berdiri. Sabar aja jangan tergesa-gesa cuma mbak mila perlu tahu juga
range perkembangan anak (duduk, merangkak, berdiri, jalan, lari, bicara papa, mama,
tumbuh gigi pertama) soalnya nggak semua anak sama perkembangannya asalkan masih dalam
range yang normal mbak nggak usah khawatir.
rita

--- mamanya Dafi <[EMAIL PROTECTED]>