Mbak watini,

Bahan aktif yang ada di dalam pemanis itu kalau tidak salah : Sodium
siklamat, tentang efeknya saya kurang begitu jelas.  Cuman kalau menurut
hemat saya efeknya bisa diminimalisasi dengan banyak minum air putih.
Sebab melarang anak minum es atau semacamnya kan tidak mungkin, lagian
semua penjual minuman (kaki lima) pasti pakai pemanis.  Jadi dengan banyak
minum air, saya pikir dapat melarutkan sisa pemanis yang tak terserap oleh
tubuh sehingga tidak berefek ke kesehatan, selanjutnya sisa pemanis tadi
akan keluar lewat air seni.  Demikian saran saya mbak, mungkin bermanfaat.

papa hellen.