Mbak Ike,
saya juga pernah kepikiran, jangan2 cadel itu keturunan. Bapaknya Ella cerita,
dia dulu baru bisa ngomong R sesudah kelas 1 SD. Wah, lama ya...? Beberapa
ipar saya "R"-nya juga spt. "R" orang bule... nggak tegas, gitu loh. Satu
sepupu dari garis saya cadel. Ngomong2, istilah cadel di orang bule ada, nggak
ya...? Kayaknya di mereka "R" tidak pernah terdengar sejelas di bahasa
Indonesia...
He-he... mudah2an karena belum umurnya saja, ya...? Ntar kalo Alex udah bisa
bilang "R" dan Ella belum bisa, barulah saya agak2 khawatir... Begitu...?

Mbak Debby,
trims buat selamat ultahnya. Ella kalo diajarkan "R" pasti keluarnya "L".
Sekali pernah ngomong satu kata yang pake "R", kedengerannya spt "rl". Tapi
disuruh ulang lagi, malah jadi "L"...
Mudah2an rekan2 yang anaknya sudah gede-gede bisa cerita, umur berapa anak2nya
bisa bilang "R".

Salam,
Rien.